Hore! Keliling Indonesia tak Lagi Pakai Tes PCR/Antigen

News  
Sumber: ANTARA/FAUZAN
Sumber: ANTARA/FAUZAN

Pemerintah mengumumkan kebijakan baru terkait aturan perjalanan domestik bagi masyarakat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, warga yang ingin melakukan perjalanan domestik tidak wajib melampirkan bukti negatif tes antigen atau PCR.

Tapi, ada syaratnya. Warga yang mau jalan-jalan pakai transportasi umum harus sudah divaksinasi dosis lengkap atau booster. Ini hukumnya fardhu ain, yah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pembaruan ini tertuang dalam surat edaran Satgas Nomor 11 tahun 2022 pada tiap moda transportasi dengan tujuan seluruh wilayah Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terus, gimana bagi yang vaksinasinya belum lengkap atau bahkan belum divaksinasi?

Wiku mengatakan, mereka yang masuk golongan di atas wajib melampirkan bukti negatif tes antigen (1x24 jam) atau PCR (3x24) jam sebelum perjalanan. Bagi yang punya kormobid sehingga tak bisa vaksinasi, juga berlaku aturan di atas serta menunjukkan surat keterangan dari dokter sebagai syarat tambahan.

Ini kabar baik atau kabar buruk?

Bagi industri perjalanan, ini tentu kabar baik mengingat selama pandemi ini mereka paling terdampak. Bus-bus karatan karena tidak bergerak membawa penumpang. Pesawat kelamaan parkir di apron karena jadwal penerbangan berkurang banyak. Gerbong kereta jadi sarang bakekok karena jarang terisi.

Dengan pelonggaran aturan ini, diharapkan industri perjalanan kembali menggeliat dan dapat berkontribusi bagi perekonomian nasional. Mobilitas pun kembali meningkat.

Mobilitas meningkat, apa tidak meningkatkan penularan virus?

Menurut pemerintah, kasus harian Covid-19 menunjukkan tren penurunan dan mulai terkendali. Bahkan, bisik-bisik pandemi mau berubah status jadi endemi.

Apapun itu, Ibu Warung ingatkan kalian jangan abaikan protokol kesehatan. Pandemi belum berakhir. Virus masih ada di sekitar kita. Sudah vaksinasi belum tentu kebal. Cuci tangan setelah pegang-pegang. Pakai masker dengan cara yang benar. Jaga jarak.

Menurut kalian, pelonggaran aturan perjalanan ini menguntungkan atau merugikan?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image