Akhirnya Candy Crush Saga Raih Pendapatan Tertingginya pada Tahun Ini
IBUGAME -- Candy Crush Saga sudah dikenal luas oleh komunitas game dunia, adalah permainan mencocokan item dan sudah dimainkan jutaan gamer. Saat ini, game yang dikembangkan oleh King itu menjadi salah satu game populer dunia, usai menerima pendapatan yang besar di tahun 2023.
Sejak diluncurkan pada 2012 silam, Candy Crush Saga kini menerima pendapatan sekitar 20 miliar USD, atau 3 triliun Rupiah.
Melansir dari Reuters, Presiden King, Tjodolf Sommestad mengatakan, game garapanya tersebut telah membuktikan bahwa game mobile mempunyai daya tarik tersendiri, dan juga berlangsung lama.
“Kami telah membuktikan kepada diri kami sendiri dan kepada industri bahwa adalah mungkin untuk menghidupkan kembali game-game yang sudah berumur bertahun-tahun dan menjaganya tetap relevan selama satu dekade atau lebih, dan memecahkan rekor bahkan dalam satu dekade,” ungkapnya dalam sebuah wawancara.
Game ini mulai dimainkan secara masif melalui website, kemudian beralih ke facebook. Tidak lama setelah itu, Candy Crush Saga melakukan ekspansi menuju perangkat mobile.
Dari sinilah game King tersebut mulai populer, dan telah di unduh sebanyak 5 miliar kali.
Candy Crush Saga mempunyai fitur freemium, yang mana game tersebut gratis untuk dimainkan.
Tetapi komunitas harus merogoh sejumlah uang untuk meningkatkan kinerja mereka.
Dahulu, King diakuisisi oleh Blizzard Entertainment pada 2016 lalu. Di bawah bendera pengembang Diablo 4 tersebut, King menyumbang pendapatan bersih sekitar 747 juta dolar AS atau Rp 11 miliar.
General Manager Candy Crush Saga, Todd Green menyebutkan, game tersebut akan terus menerima pembaruan demi meningkatkan kepuasan untuk komunitas.
Mulai dari mengoptimalkan visual, menambah 15 ribu pencapaian, hingga menambah level baru.
Lebih dari itu, Candy Crush telah menjadi waralaba terlaris di toko aplikasi Amerika Serikat, selama enam tahun terakhir.
Sudah jelas ini merupakan sebuah fakta yang menurut Sommestad, menggarisbawahi keberhasilan strategi King dan tantangan bagi pengembang game baru.
“Kami memang mempunyai upaya untuk membuat game baru, namun standarnya sangat tinggi dan dibutuhkan banyak hal untuk meluncurkan game baru saat ini,” katanya.
"Candy Crush memerlukan waktu beberapa bulan untuk membangunnya, namun kami menambahkan 10 tahun pengembangan setelah itu," sambung Todd.