Teknologi

Akhirnya! Sony Akan Rilis Resmi Play Station 5 Pro November Nanti

Sony perkenalkan Play Station 5 Pro.

IBUWARUNG -- Satu kejutan besar diperkenalkan Sony untuk sekarang ini. Yap, perusahaan teknologi dunia yang berasal dari Jepang tersebut resmi memperkenalkan konsol teranyarnya, yaitu Play Station 5 Pro.

Perkenalan konsol terbaru Sony ini diungkap melalui keterangan resminya, pada Selasa (10/9/2024) lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PS5 Pro merupakan konsol yang mempunyai performa setingkat di atas varian PS5 yang sudah dirilis oleh Sony pada beberapa waktu sebelumnya. Tentunya, teknologi yang diberikan ke dalam PS5 Pro jelas berbeda dengan varian PS5 yang lain.

Sony menyebutkan, bahwa terdapat beberapa teknologi terbaru yang diusung, pertama sekali adalah peningkatan GPU.

Pengembang Play Station tersebut mengatakan, bahwa GPU yang terdapat di dalam PS5 Pro memiliki performa yang tinggi daripada varian PS5 yang lain.

"Kami meningkatkan ke GPU yang memiliki 67 persen lebih banyak Compute Units daripada konsol PS5 saat ini dan memori 28 persen lebih cepat," ungkapnya.

Dengan perfoma yang segitu cepat, membuat GPU PS5 Pro melakukan proses rendering 45 persen lebih cepat dalam memainkan suatu game. Artinya, pemain bisa merasakan grafis yang luar biasa berkualitas, dengan frame rate yang juga tinggi.

Selain itu, Sony memberikan teknologi berupa ray tracing terbaru di dalam PS5 Pro. Menurutnya, hal ini mampu memberikan pengalaman kepada pemain atas pancaran cahaya yang dinamis.

"Kami telah menambahkan penelusuran sinar yang lebih canggih yang memberikan refleksi dan refraksi cahaya yang lebih dinamis," tutur Sony.

Bahkan performa ray tracing di dalam PS5 Pro yang tinggi itu, mampu memancarkan cahaya berkali lipat dari PS5 standar.

"Hal ini memungkinkan sinar dipancarkan dua kali lipat, dan terkadang tiga kali lipat, kecepatan konsol PS5 saat ini," sambungnya.

Kemudian, PS5 Pro juga dibubuhkan teknologi Artificial Intellgience terbaru dari Sony. PlayStation Spectral Super Resolution, merupakan teknologi AI buatan Sony, yang mampu memberikan peningkatan skala.

Hadirnya teknologi tersebut, membuat PS5 Pro mampu menghasilkan visual yang sangat jernih, serta detail-detail yang tidak kalah menarik.

"Kami juga memperkenalkan PlayStation Spectral Super Resolution, peningkatan skala berbasis AI yang menggunakan teknologi berbasis pembelajaran mesin untuk memberikan kejernihan gambar yang sangat tajam dengan menambahkan sejumlah detail yang luar biasa," sebut Sony.

Dibalik kemegahan teknologi yang diterapkan Sony ke dalam PS5 Pro terbarunya, tentunya ada teknologi lain yang juga diberikan ke dalamnya.

Pemain nantinya akan merasakan fitur PS5 Pro Game Boost, yang bsa diterapkan pada lebih dari 8.000 judul game PS4, dan nantinya bisa dimainkan pada PS5 Pro.

Sony menilai, fitur ini mampu memberikan kestabilan dan peningkatan performa game PS4 dan PS5 yang didukung. Tentunya kualitas gambar game PS4 juag tersedia dalam konsol baru tersebut, demi meningkatkan resolusi pada suatu judul game PS4 tertentu.

Tidak hanya itu, PS5 Pro juga dilengkapi dengan teknologi nirkabel Wi-Fi 7 terbaru, serta VRR dan game dengan kualitas 8k. Bahkan Sony mengatakan, teknologi yang digunakan pada PS5 biasa, bisa dipakai di PS5 Pro.

Artinya, konsol baru tersebut di desain untuk kompatibel dari seri sebelumnya. Bahkan, dimensi dari PS5 Pro tidak jauh berbeda dengan PS5 biasa.

"PS5 Pro sangat cocok dengan jajaran produk PS5 dan kompatibel dengan aksesoris PS5 yang tersedia saat ini, termasuk PlayStation VR2, PlayStation Portal, DualSense Edge, pengontrol Akses, Pulse Elite, dan Pulse Explore. Antarmuka pengguna dan layanan jaringan juga akan tetap sama seperti PS5," kata Sony.

Kendati demikian, Sony sudah merilis harga resmi dari konsol barunya, PS5 Pro. Konsol tersebut nantinya akan dijual di empat wilayah, di antaranya Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang.

Lebih lengkapnya, PS5 Pro akan dibanderol dengan harga 699 USD, 699 GBP, 799 EUR, serta 119.980 Yen. Bagi penggemar yang ingin membelinya, silahkan melakukan pre-order terlebih dahulu sebelum jadwal perilisan resmi konsol tersebut, yang akan jatuh pada 7 November 2024 nanti.