Game

Sambut Tahun 2024, Riot Games Berikan Segudang Pembaruan untuk LoL

Season terbaru League of Legends 2024 nanti.

IBUGAME -- Tidak lama lagi, tahun 2024 akan segera masuk dengan jarak waktu yang kurang lebih satu bulan kedepan. Dibalik itu, League of Legends memberikan pembaruan untuk komunitasnya, yang akan dihadirkan melalui patch barunya di tahun depan.

Tahun 2024 nanti, LoL akan membawa segudang pembaruan yang dihadirkan ke dalamnya. Artinya, akan ada banyak hal, mulai dari konten, perubahan, dan yang lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Langsung saja, pembaruan pertama yang dihadirkan adalah dari sisi map secara keseluruhan. Monster adalah aspek yang selalu ada di dalam Summoner's Rift, sejak dulu hingga sekarang.

Sejumlah monster dalam map LoL kini akan diubah sepenuhnya, mulai dari Rift Herald hingga Baron Nashor.

Pertama-tama, mari kita lihat dulu perubahan dari Rift Herald dalam Summoner's Rift LoL. Sudah menjadi pengetahuan umum dari komunitas, bahwa monster ini hadir di awal permainan.

Jika kita membunuhnya, monster ini akan bisa di-summon yang berfungsi untuk membantu pemain atau tim, untuk meruntuhkan turret lawan. Dari dulu hingga sekarang, sudah banyak perubahan yang diberikan oleh Riot Games, untuk aspek Rift Herald.

Namun untuk tahun depan, monster ini menerima perubahan yang mana Riot Games memberikan tampilan terbaru untuknya. Begitupun dengan pengambilalihan Rift Herald untuk daya serang.

Ketika pemain menghancurkan Eye of the Herald, monster tersebut akan muncul seperti biasa, tetapi champions sekutu akan dapat mengklik kanan Rift Herald dan melompat ke atasnya.

Hal itu memungkinkan pemain untuk mengarahkannya. Jika pemain mengisi daya Rift Herald ke turret maka damage-nya akan lebih besar dibandingkan jika mereka mengisi daya ke turret yang tidak terkontrol.

Apabila kebetulan bertemu dengan champions musuh maka mereka akan terkena damage dan terlempar ke udara. Setelah pemain bertabrakan dengan turret, champions yang mengendarainya akan terlempar, yang kembali ke keadaan biasa.

Dengan kata lain, pemain bakal melakukan aksi menunggangi Rift Herald yang bergerak seperti ultimate Sion, yang bisa diarahkan kemanapun.

Perubahan monster Blue Sentinel dan Red Brambleback juga terlihat berubah. Mungkin ke depannya, monster ini bakal memperlihatkan wujud yang berbeda apabila Baron Nashor muncul pada menit ke 20.

Mereka ini bakal berubah menjadi Voidborn Sentinel dan Voidborn Brambleback, yang mana dipengaruhi oleh kemunculan Void di dalamnya.

Dengan transformasinya tersebut, disertai dengan peningkatan daya tahan yang membuat mereka lebih sulit dikalahkan.

Sekarang, setelah terbunuh, monster tersebut akan memberikan buff mereka ke seluruh tim dari pemain yang menjatuhkan mereka.

Tidak hanya itu, monster kura-kura, Scuttler, juga bertranformasi serupa dengan Blue Sentinel dan Red Brambleback.

Artinya, Scuttler bakal berganti menjadi Voidborn Scuttler dan memberikan efek Scryer's Bloom secara besar-besaran, dan memperlihatkan semua champions dan ward di area sekitar yang luas, apabila ia dibunuh.

Dengan bergantinya tampilan fisik monster di atas, rupanya itu terinspirasi dari monster baru di dalam Summoner's Rift, yaitu Voidgrub dan Voidmite.

Mereka adalah monster Voidborn yang akan menggantikan Rift Herald pertama di setiap game, sebelum menghilang pada menit 14 untuk memberi ruang bagi Rift Herald.

Tiga Voidgrub akan muncul dalam 5 menit, masing-masing dengan waktu respawn sendiri selama 4 menit, dan maksimal enam dapat muncul dalam satu permainan.

Setiap Voidgrub akan melepaskan segerombolan Voidmite untuk menyerang musuhnya.

Jika pemain berhasil mengalahkan beberapa Voidgrub, seluruh tim akan mendapatkan buff Hunger of the Void yang akan memberikan damage seiring waktu bonus damage pada permainan.

Buff ini bertumpuk berdasarkan jumlah Voidgrub yang berhasil dikalahkan, dan ketika pemain berhasil menjatuhkan 5 atau 6, pemain juga akan secara berkala memanggil 1 atau 2 Voidmite untuk membantu menghancurkan apapun.

Selanjutnya adalah Infernal Drake, yang juga alami perubahan untuk tahun depan.

Riot Games memberikan penyesuaian beberapa naga agar dapat berfungsi dengan baik dengan semua tembok baru. Ini termasuk memindahkan beberapa dinding kecil dan rumput ilalang untuk Mountain dan Ocean Drake.

Lebih dari itu, perubahan sekarang turut memberikan kepada Infernal Rift. Jika monster tersebut terkunci, Infernal Cinders akan muncul di sekitar map.

Setiap cinder akan memberikan champions yang mengambilnya statistik adaptif yang bermanfaat, dan ledakan kecepatan gerakan.

Jika ia mati, champions akan menjatuhkan separuh abunya yang kemudian dapat diambil oleh champions musuh atau sekutu lainnya.

Perubahan ini juga meliputi Baron Nashor. Monster ini mendapatkan dua perubahan yang diberikan.

Pertama adalah soal penampilannya yang baru, dimana Baron Nashor akan memiliki tangan untuk menjangkau champions yang menyerangnya.

Fisiknya yang lain pun ikut berubah, mulai dari kepala hingga sisik yang ada di punggungnya. Lalu perubahan yang kedua adalah area dari Baron Nashor itu sendiri.

Untuk tahun depan, area Baron Nashor akan mempunyai dua tampilan baru, yang mana nantinya bakal terdapat tumpukan batu yang berada di depannya.

Bahkan, terdapat juga tumpukkan batu yang berada di pinggir area Baron Nashor.

Perubahan area monster besar tersebut dilakukan, untuk memberikan konfigurasi baru kepada komunitas, sekaligus menciptakan variasi dalam cara Baron Nashor bertarung dari game ke game.

Dari aspek monster, kini beralih ke aspek area. Summoner's Rift untuk tahun depan, juga bakal memberikan perubahan di semua area bermain, mulai dari toplane, hingga botlane.

Untuk area toplane, Riot Games memberikan dua perubahan besar pada area tersebut.

Pengembang LoL itu mencerminkan medan dari sisi biru ke merah, sehingga membuat jalur gank lebih mirip dan jalurnya lebih sulit untuk gank.

Bahkan Riot Games membuat kombinasi dinding kecil dan rumput ilalang baru di tengah pintu masuk sungai. Berlanjut ke area jungle, Riot Games menawarkan tembok baru yang lebar tepat di seberang Baron pit dan Drake.

Hal ini akan membantu menciptakan keamanan bagi para Jungler di separuh map mereka, dan menyamakan opsi midlaner untuk menjelajah ke arah atas dan bawah.

Kemudian di midlane, Riot Games menciptakan lebih banyak ruang dengan mendorong semak ke belakang sedikit, dan memindahkan satu jalur gank lebih jauh ke belakang.

Tujuannya, untuk membantu menciptakan keamanan lebih bagi para Mage midlane yang tidak bergerak, sehingga pemain merasa sedikit lebih baik saat memilih jenis champions ini.

Lalu pada area botlane, yang diberi perubahan serupa pada toplane, dimana Riot Games memberikan dinding kecil serta pixel brush di sampingnya.

Hal ini akan membantu membuat kedua sisi lebih simetris, menghilangkan keuntungan berbasis sisi mana pun dalam hal perlindungan dan pencegahan gank.

Terakhir, Riot Games memberikan perubahan pada aspek item di dalam LoL.

Tujuan utamanya adalah mengalihkan kekuatan dari item ke champions itu sendiri, dan memberi pemain lebih banyak fleksibilitas dalam membuat item.

Selain itu, Riot Games memberikan pembaruan penyederhanaan keterangan alat yang akan membantu membuat deskripsi lebih mudah dicerna dalam sekejap.

Meskipun sudah membeberkan roadmap pembaruan untuk tahun depan, Riot Games masih belum memberikan pernyataan lebih lanjut, mengenai jadwal rilis dari update terbarunya tersebut.