Valve Tunjuk Singapura Sebagai Tuan Rumah Dota 2 The International 2022

Game  
Sumber: Twitter @dota2ti
Sumber: Twitter @dota2ti

IBUGAME -- Turnamen tahunan dari Dota 2, The International (TI), secara resmi digelar pada tahun 2022. Tahun ini merupakan perhelatannya yang ke-11 dalam sejarah The Internasional.

Valve sebagai penyelenggara pun sudah menunjuk satu negara untuk melangsungkan turnamen puncak Dota 2. Melalui cuitan twitter Dota 2 pada Ahad (22/5/2022), Singapura secara resmi ditunjuk sebagai negara penyelenggara TI 11.

Ini adalah pertama kalinya bagi negara kecil tersebut, menggelar turnamen puncak dari game garapan Valve. Artinya, Singapura merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan TI 2022.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Singapura juga merupakan negara kedua di benua Asia yang menyelenggarakan The International, setelah China. Negara tersebut menyelenggarkan TI pada tahun 2019, yang berlangsung di kota Shanghai.

Walaupun secara perdana ditunjuk sebagai tuan rumah, Singapura sudah beberapa kali ditunjuk untuk perhelatan turnamen Dota 2. Pada 2020, Singapura ditunjuk sebagai penyelenggara One Esports Singapore Major 2020.

Turnamen tersebut merupakan turnamen kualifikasi bagi semua tim untuk maju ke The International. Tetapi, One Esports Singapore Major 2020 dibatalkan oleh penyelenggara dikarenakan pandemi Covid-19.

Akhirnya, One Esports Singapore Major digelar kembali pada tahun 2021, dan Singapura sebagai tuan rumah turnamen tersebut. Invictus Gaming keluar sebagai juara, mengalahkan Evil Geniuses di partai final dengan skor 3-2.

Format The International 2022

Turnamen tahunan Dota 2 akan diikuti oleh 20 tim dari berbagai negara. Melansir dari Liquidpedia, semua tim yang ikut akan dibagi ke dalam dua grup, yang masing-masingnya diisi oleh sepuluh tim secara acak. Babak grup akan mengusung format pertandingan round robin dengan dua permainan (bo2).

Setelah babak grup selesai, nantinya akan ada delapan tim masing-masing grup yang akan lolos ke babak main event. Pada babak ini, sebanyak 16 tim akan bertarung satu sama lainnya, dengan format double elimination bracket.

Enam belas tim yang bertanding pada babak main event, akan melangsungkan pertandingan sebanyak 1 kali untuk putaran pertama lower bracket. Kemudian, 3 kali (bo3) untuk pertandingan lain, dan puncak final sebanyak 5 kali (bo5).

Semua pertandingan The International 2022 akan menggunakan Singapore Indoor Stadium dan Suntec Singapore, sebagai venue pertandingan semua tim dari berbagai negara.

The International 2022 akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Hingga berita ini ditulis, Valve belum membocorkan tanggal pasti dan nominal hadiah yang dikucurkan untuk turnamen tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image