Bersiap Masuki Adulthood, Ini Tiga Komitmen Investasi Buat Gen Z

Tips  
Sumber: FWD
Sumber: FWD

IBUWARUNG -- Meninggalkan usia 18 merupakan momen yang spesial dan mendebarkan bagi Generasi Z (Gen Z). Bukan hanya bersiap untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi, yaitu universitas, Gen Z juga terjun ke dunia baru, yaitu masa dewasa.

Beberapa mungkin sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari investasi untuk Gen Z, cara mengelola keuangan, dan sebagainya. Akan tetapi, masih banyak juga yang belum paham mempersiapkannya.

Sayangnya, persiapan menuju dewasa ini tidak ada buku panduannya dan tidak diajarkan secara formal di bangku sekolah. Gen Z perlu mempelajari sendiri berbagai persiapan menuju dunia yang lebih 'nyata'.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Belajar berkomitmen adalah dasar kehidupan yang penting untuk disadari oleh Gen Z agar mereka bisa menjadi pribadi dewasa yang penuh tanggung jawab dan sehat secara mental bahkan finansial. Salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan yang optimal, sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda. Tidak hanya itu, pentingnya

meningkatkan literasi keuangan melalui pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan akan mendukung generasi muda untuk mengatur prioritas hidup dengan lebih bijak," tutur Chief of Human Resources & Marketing Officer PT FWD Insurance Indonesia, Rudy Franto Manik, dalam keterangan pers, Kamis (7/7/2022).

Dari sekian banyak hal yang bisa mulai dibudayakan, para Gen Z bisa memulai dengan tiga komitmen investasi untuk Gen Z. Ini dia.

1. Komitmen investasi pada hubungan sosial

Investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting.

Mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup kita adalah langkah awalnya. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bareng, saling memberi perhatian, dan selalu berpegang pada filosofi apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai.

2. Komitmen investasi pada aset

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, banyak sekali pilihan berinvestasi yang bisa dengan mudah diakses dari genggaman kita melalui smartphone. Memiliki smartphone, berarti penggunanya pun harus smart dalam memilih dan menentukan investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan.

Di samping aset cair, yaitu uang tabungan di bank, ada beragam jenis investasi untuk gen Z yang bisa diakses secara digital seperti menanam saham di reksadana atau obligasi negara ORI, membeli properti seperti rumah atau apartemen.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image