Kominfo Optimistis Platform Games Bakal Daftarkan Produknya di Indonesia

Game  
Sumber:
Sumber:

IBUGAME -- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) mengimbau sejumlah platform dan website yang diblokir untuk segera mendaftarkan diri. Kominfo optimistis platform-platform games dan layanan seperti Steam, Dota 2, dan CSGO akan segera mendaftar.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan pada Senin (1/8/2022). Ia menyebutkan telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk melakukan komunikasi dengan para pihak terkait.

"Pihak Kedutaan sedang membantu untuk melakukan komunikasi tersebut," sebut Semuel.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Semuel mengatakan, pemerintah telah mengirimkan surat kepada Steam, Dota 2, maupun CSGO. Pihak tersebut sudah merespons surat pemerintah tetapi belum mengisi formulir pendaftaran produk mereka.

Walaupun demikian, Kominfo optimistis platform game itu akan mendaftarkan produknya agar bisa digunakan di Indonesia.

“Kami optimistis ketiga game ini kooperatif dan segera memenuhi kewajiban, sehingga bisa segera dibuka kembali," ujar Semuel.

Sementara itu, Kominfo juga masih memblokir Epic Games dan Origin.com, lantaran kedua pihak belum mendaftarkan produknya tersebut, sampai saat ini. Tentunya Kemkominfo melakukan berbagai upaya kepada Epic Games dan Origin.com. Bahkan kata Semuel, Kemkominfo meminta kepada Kedutaan Besar AS di Jakarta, untuk memfasilitasi komunikasi dengan kedua pihak tersebut.

"Kami juga memohon bantuan kedutaan besar Amerika Serikat untuk berkomunikasi dengan PSE tersebut mengingat upaya komunikasi yang dilakukan oleh Kominfo selama ini dengan berbagai macam cara tidak mendapatkan tanggapan sama sekali," tuturnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image