Dana Pensiun, Harus Siapkan Uang Berapa?

Uang  
Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

IBUWARUG -- Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Di masa tua, kita tidak lagi produktif dan tidak bisa menghasilkan uang.

Dana pensiun penting bagi seseorang jika tidak lagi bekerja. Jangan sampai kita menyusahkan orang lain, dalam hal ini anak, untuk memenuhi kebutuhan kita di hari tua. Kalau bisa menyiapkan sendiri, kenapa harus bergantung pada orang lain?

Pertanyaannya, berapa banyak uang yang harus kita siapkan untuk pensiun? Jawaban sederhananya: sebanyak-banyaknya. Karena, kita tidak tahu berapa lama periode tersebut. Yang jelas, sampai tutup usia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum berhitung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan dana pensiun, dilansir dari Bibit Weekly.

1. Tentukan waktu pensiun

BPJS Ketenagakerjaan mengumumkan batas usia tenaga kerja yang bisa mengambil manfaat pensiun adalah 58 tahun. Tetapi, seorang karyawan bisa menentukan sendiri usia berapa dia ingin pensiun. Misalnya, dia ingin pensiun di usia 50 tahun dengan usia saat ini 25 tahun. Artinya, dia punya waktu 25 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun.

2. Hitung pengeluaran bulanan

Ada beberapa cara untuk menikmati masa pensiun, mulai dari yang paling sederhana sampai paling hedon. Kita tinggal menentukan mau menikmati pensiun seperti apa. Apakah ingin jalan-jalan atau cukup di rumah saja.

Pertama-tama, hitung pengeluaran bulanan. Misalnya, pengeluaran bulanan sekira Rp 5 juta sebulan.

3. Hitung target dana pensiun

Setelah tahu kebutuhan sebulan, selanjutnya adalah menghitung kebutuhan dana pensiun sesuai target.

Dengan kebutuhan Rp 5 juta per bulan, berarti diperlukan Rp 60 juta setahun. Jika target pensiun 25 tahun lagi, ditambah asumsi 4 persen inflasi per tahun, dibutuhkan Rp 62,4 juta per tahun.

Dengan nilai kebutuhan ini, kita bisa mulai menyisihkan dana pensiun ke dalam instrumen investasi. Kalau setiap bulan kita bisa menyisihkan setengah saja dari nilai kebutuhan setahun pada masa pensiun, dalam 25 tahun kita bisa mengumpulkan Rp 780 juta. Itu belum termasuk imbal hasil investasi.

Lalu, instrumen investasi apa yang bisa kita pakai untuk nabung dana pensiun? Sabar, ibu warung jelasin di tulisan selanjutnya. Sebelum itu, baca yang ini dulu yah. Ingin Punya Dana Pensiun Sendiri? Sini Ibu Warung Bisikin Caranya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image