Gaslighting, Kata Paling Populer Tahun Ini

Teknologi  
Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

IBUTEKNO -- Kata 'Gaslighting' menjadi kata yang paling populer tahun ini. Gaslighting adalah perilaku yang memanipulasi pikiran, sangat menyesatkan, benar-benar menipu.

Pencariannya di merriam-webster.com meningkat 1.740 persen pada 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal, tidak ada satu peristiwa pun yang mendorong lonjakan rasa ingin tahu yang signifikan atas kata tersebut. Namun, istilah ini begitu tersebar luas.

"Itu adalah kata yang muncul begitu cepat dalam bahasa Inggris, dan terutama dalam empat tahun terakhir, yang benar-benar mengejutkan saya dan banyak dari kita,” kata editor Merriam-Webster, Peter Sokolowski, Selasa (29/11/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Definisi utama Merriam-Webster untuk gaslighting adalah manipulasi psikologis seseorang, biasanya dalam jangka waktu yang lama. Kondisi itu menyebabkan korban mempertanyakan validitas pemikiran, persepsi realitas, atau ingatan mereka sendiri.

Ini biasanya menyebabkan kebingungan, kehilangan kepercayaan diri dan harga diri, ketidakpastian stabilitas emosi atau mental seseorang, dan ketergantungan pada pelaku.

Secara lebih luas, kamus mendefinisikan kata tersebut sebagai tindakan atau praktik menyesatkan seseorang secara berlebihan terutama untuk keuntungannya sendiri.

Gaslighting adalah alat yang sering dipakai oleh pelaku kekerasan dalam hubungan, bahkan dilakukan oleh politisi serta pembuat informasi lainnya. Itu bisa terjadi antara pasangan, anggota keluarga, hingga pertemanan. Bahkan istilah ini pun bisa menjadi taktik perusahaan atau cara untuk menyesatkan publik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image