Teknologi

Apple Perkenalkan iPhone 16 Secara Resmi di Tahun Ini, Yuk Intip Spesifikasinya!

Apple resmi perkenalkan iPhone 16 tahun ini.

IBUWARUNG -- Mengawali bulan September di tahun ini, Apple secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yaitu iPhone 16.

Perkenalan produk terbarunya itu dilakukan Apple di Amerika Serikat, pada Senin (9/9/2024) kemarin.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam acara peluncuran iPhone 16, Apple memperkenalkan empat varian produknya tersebut, yaitu iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max.

Tentu produk yang diluncurkan Apple tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Dari sisi luar, keempat produk Apple tersebut mempunyai dimensi yang tidak jauh berbeda, satu sama lainnya.

Bandingkan saja iPhone 16 biasa dengan 16 Plus, keduanya mempunyai sedikit perbedaan ukuran. iPhone 16 memiliki dimensi 147.6 mm x 71.6 mm, sementara 16 Plus berdimensi 160.9 mm x 77.8 mm.

Untuk kamera, Apple membubuhkan ukuran kamera yang sama yaitu 48 megapixel, pada keempat produk barunya itu. Bahkan, kualitas yang dihasilkan juga bagus.

Pengguna bisa mengambil gambar dan video dengan resolusi yang tinggi, yaitu mencapai 4K.

Beralih ke internal, keempat produk baru Apple tersebut mengusung chip prosesor yang terbaru, yaitu dengan nama A18.

Dalam keterangan resminya, A18 merupakan sebuah teknologi baru yang menghadirkan performa terbaik serta memberikan efesiensi daya. A18 merupakan chip yang dibangun di atas teknologi 3 nanometer generasi kedua.

Apple menilai, chip prosesor barunya ini mempunyai keunggulan yang bagus dibandingkan chip yang lama, A16 Bionic. Keunggulan yang dimiliki oleh chip prosesor baru ini mampu menghasilkan kecepatan yang lebih dari A16 Bionic.

Tentu tidak hanya itu, A18 juga ungul dalam hal lain, yaitu sangat efisien dalam menjalankan smartphone. Selain itu, A18 ini menjadi prosesor utama pada iPhone 16 dan 16 Plus.

Sebaliknya, iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max justru menggunakan A18 Pro, yang performanya setingkat lebih tinggi dari pada A18 biasa.

Tentunya, performa yang dihasilkan pun juga tinggi, yaitu dengan spesifikasi Neural Engine 16-core, GPU 6-core, serta CPU 6-core.

Selain dibubuhi teknologi prosesor chip tingkat tinggi, iPhone 16 juga mendapatkan teknologi kecerdasan buatan baru, bernama Apple Intellgience.

Apple mengatakan, Apple Intellgience merupakan sistem kecerdasan pribadi yang menggabungkan kekuatan model generatif, untuk memberikan kecerdasan yang berguna serta relevan bagi pengguna.

Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, pengguna sangat terbantukan dengan kecerdasan buatan yang ditanamkan Apple ke dalam produk barunya itu.

Pengguna juga dimudahkan dalam mengetik teks atau pesan, supaya tidak ada kesalahan pengetikan kata maupun huruf.

Bahkan, pengguna juga bisa mencari keberadaan video yang ingin ditonton hanya dengan mengetikkan di deskripsi, melalui bantuan Apple Intellgience.

Menariknya, tidak hanya diterapkan pada iPhone 16 terbaru, Apple bakal menerapkan kecerdasan buatannya tersebut ke dalam sejumlah produk yang lain. Di antaranya iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1.

Kendati demikian, empat seri iPhone 16 tersebut masing-masing mempunyai harga yang berbeda-beda. Berikut adalah harga dari masing-masing seri iPhone 16.

- iPhone 16: Rp. 12,3 juta.
- iPhone 16 Plus: Rp. 13,9 juta.
- iPhone 16 Pro: Rp. 15,4 juta.
- iPhone 16 Pro Max: Rp. 18,5 juta.