News

Siapakah Pencetak Gol Terbanyak di Dunia Saat Ini?

Cristiano Ronaldo di klub Al-Nassr.

IBUWARUNG -- Setiap pemain sepakbola di dunia saat ini, tentunya berusaha untuk mencetak gol. Gol merupakan hasil dari operan-operan yang dilakukan para pemain sepakbola, dan melesatkan bola ke gawang lawan.

Berhasil melesatkan gol merupakan capaian tersendiri bagi pemain sepakbola, dan kemudian merayakannya. Apalagi, mencetak gol merupakan hasil dari permainan cantik yang dilakukan oleh suatu klub maupun timnas negara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berbicara soal itu, ada banyak pemain sepakbola di era modern saat ini yang memiliki rekor pencetak gol terbanyak di dunia. Mereka ini sudah mencetak gol sejak awal karir profesional mereka, hingga sekarang.

Rekor gol yang diciptakan pun tidaklah sedikit, melainkan sudah ratusan lebih gol yang diciptakan dan dilesatkan melalui sundulan, kaki, maupun tendangan bebas atau pinalti.

Dewasa ini ada sejumlah nama-nama pemain yang membukukan rekor dan dicap sebagai pencetak gol terbanyak di dunia. Lantas siapakah pemain sepakbola yang meraih gol terbanyak sepanjang masa? Berikut adalah lima pesepakbola dunia yang punya gol terbanyak.

Ferenc Puskas

Nama pertama adalah Ferenc Puskas, pemain yang berasal dari Hungaria. Akrab disapa Puskas, memulai karir profesionalnya di dunia sepakbola dari 1943 hingga 1966. Ia tentunya telah pernah bermain di beberapa klub terbaik di Eropa, salah satunya adalah Real Madrid.

Bahkan, penampilan dan prestasi apiknya mengantarkan Puskas membela timnas Hungaria di ajang Piala Dunia. Tentunya ia telah banyak menorehkan prestasi baik di kompetisi domestik, ataupun internasional.

Puskas juga turut menyumbangkan gol yang sangat banyak selama karirnya. Total ia sudah merengkuhkan sebanyak 729 gol resmi.

Romario

Berikutnya adalah megabintang asal Brasil, Romario. Pemain berbakat satu ini memulai karirnya dari tahun 1985 hingga 2002. Selama berkarir menjadi pemain sepakbola profesional, Romario telah melalangbuana bermain di beberapa klub, termasuk juga Barcelona.

Di klub tersebutlah penampilan senior dari Ronaldo ini meningkat. Tidak hanya prestasi saja yang ia berikan untuk Barcelona, namun juga ia dicap sebagai pencetak gol terbanyak dunia. Selama berkarir, Romario sudah melesatkan sebanyak 755 gol.

Pele

Nama ketiga adalah Pele, pemain megabintang yang berasal dari Brasil dan senior dari Romario. Negara tersebut memang dicap sebagai pusat pemain-pemain berkualitas di dunia sepakbola.

Dari dulu hingga sekarang, Brasil banyak mencetak bibit pemain yang sudah bermain di Eropa, maupun di negara lain. Pele adalah satu dari sekian pesepakbola yang masuk dalam kategori tersebut.

Pele sudah memulai karir profesional di dunia sepakbola pada tahun 1958. Bahkan, dirinya merupakan pemain muda yang masuk ke dalam timnas Brasil, yaitu di usia 17 tahun.

Bahkan selama karirnya bermain di timnas, ia merupakan satu-satunya pemain yang berhasil menjuarai Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, dan 1970.

Namun untuk urusan gol juga sangat bagus. Selama berkarir menjadi pesepakbola, Pele sudah mencetak gol sebanyak 762. Capaiannya itu menjadikan Pele merupakan pemain sepakbola terbaik di dunia.

Lionel Messi

Di urutan kedua dalam urusan pencetak gol terbanyak di dunia adalah Lionel Messi. Megabintang asal Argentina ini memulai karir profesionalnya di Barcelona pada 2004 silam. Menariknya, Messi tidak pernah berganti tim layaknya pemain-pemain lain.

Artinya, ia hanya bermain untuk satu klub saja, yaitu Barcelona. Selama berkarir di klub asal Catalonia, pria yang disapa La Pulga ini sudah banyak mempersembahkan trofi di kompetisi manapun. Ini termasuk juga dengan diraihnya piala Champions League.

Di level timnas Argentina pun juga sama, tidak hanya menjuarai kompetisi internasional, Messi mengantarkan negaranya tersebut berhasil menjuarai Piala Dunia 2022, yang berlangsung di Qatar.

Persoalan gol pun juga begitu. Lionel Messi sudah mencetak ratusan lebih gol dan berhasil mematahkan rekor-rekor yang diciptakan oleh pemain di atas. Dengan kata lain, dari awal berkarir Messi sudah membukukan rekor gol sebanyak 821.

Nama pertama sebagai pemuncak pencetak gol terbanyak di dunia saat ini dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal ini baru saja mengukuhkan sebagai pemain pencetak gol terbanyak di dunia, setelah menyumbang satu gol untuk klubnya Al-Nassr, dalam lanjutan liga Arab Saudi musim 2024/25.

Satu gol yang dicetak Ronaldo itu diciptakan saat pertandingan Al-Nassr menghadapi Al Feiha, pada pekan kedua liga Arab Saudi. Gol tersebut menambah rekor dari CR7, yang kini sudah merengkuhkan di angka 899. Bahkan, ia ingin segera membulatkan rekor golnya menjadi 900.

Hal itu ia ungkapkan melalui tayangan youtube pribadinya, yang dihadiri Rio Ferdinand, rekan setim Ronaldo saat bermain bersama di Manchester United.

Lebih dari itu, Ronaldo ingin menargetkan menambah rekor golnya tersebut menjadi 1000. Mendengar target seribu gol Ronaldo itu, membuat Rio sedikit khawatir.

Namun, CR7 menegaskan prestasi itu bisa terwujud apabila dirinya tidak alami cidera parah atau belum ingin pensiun sebelum rekor 1000 golnya itu tercapai.