Teknologi

Gojek dan GoPay Dorong Digitalisasi Ekosistem di Kawasan Ibu Kota Nusantara

Gojek mengukuhkan komitmen dalam mendorong pengembangan ekonomi digital di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

 

IBUWARUNG -- Penyedia layanan on-demand Gojek dan layanan financial technology GoPay, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, ekosistem digital terbesar di Indonesia, hari ini mengukuhkan komitmen dalam mendorong pengembangan ekonomi digital di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Komitmen ini diwujudkan sejak hadirnya beragam solusi Gojek dan GoPay di sekitar kawasan IKN untuk bermobilisasi, pesan-antar makanan, hingga layanan teknologi finansial serta pembayaran digital yang mudah diakses dan aman. 

Hal ini merupakan bagian dari semangat Gojek dan GoPay sebagai perusahaan teknologi karya anak bangsa yang terus #BerjuangUntukIndonesia dalam mempermudah keseharian masyarakat melalui inovasi teknologi.

Gojek dan GoPay, perusahaan yang lahir di Indonesia, tumbuh dan berkontribusi untuk Indonesia, telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dengan mendukung keseharian melalui teknologi.

Kali ini, Gojek memperkuat komitmen dalam melayani masyarakat lebih luas lagi di sekitar kawasan IKN. 

"Sebagai perusahaan karya anak bangsa yang terus #BerjuangUntukIndonesia, komitmen ini sejalan dengan semangat Pemerintah membangun IKN, sama-sama berjuang dan bergotong-royong menjadikan kawasan ini menjadi pusat pertumbuhan baru tanah air, terutama melalui kemajuan teknologi," kata Gede Manggala, Vice President of Region Gojek melalui keterangan pers, Jumat (7/6/2024).

Pada April, Gojek melalui layanan GoCar meluncurkan inovasi baru dengan memperluas layanan transportasinya ke Kawasan IKN. 

Tidak hanya GoCar, masyarakat bermobilitas untuk perjalanan dinas ataupun pegawai konstruksi dari dan menuju kawasan IKN dapat memanfaatkan layanan GoCar Instant di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. 

Dengan durasi perjalanan Bandara Sepinggan ke Kawasan IKN yang memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam dengan jarak tempuh 101 km, masyarakat kini dapat dengan nyaman menikmati perjalanan dengan puluhan armada GoCar yang telah tersedia di titik penjemputan GoCar Instant di bandara.

Selain layanan GoCar, secara bertahap layanan antar makanan GoFood juga telah hadir di sekitar kawasan IKN. Layanan ini untuk mendukung aktivitas masyarakat sekaligus memberdayakan UMKM lokal. 

Puluhan UMKM lokal kini dalam tahap pendaftaran menjadi bagian ekosistem GoFood untuk dapat mengoptimalkan pemasaran produknya secara digital di aplikasi Gojek.

Kehadiran layanan GoFood ini juga memberikan peluang pendapatan bagi masyarakat sekitar dengan menjadi Mitra Driver GoRide (layanan transportasi roda dua) dan kedepannya melengkapi warung makan/toko kelontong dengan pembayaran digital menggunakan GoPay.

Silvia Halim, Deputi Sarana Prasarana Otorita IKN melalui sambutannya menyampaikan apresiasinya. ”GoTo lewat Gojek telah menerapkan sistem transportasi cerdas sekaligus buka lapangan pekerjaan bagi Indonesia. Gojek dan GoPay diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal di IKN serta mewujudkan kota cerdas yang berkelanjutan (sustainable smart city) pertama di Indonesia," katanya.

Dampak positif atas ketersediaan berbagai layanan Gojek dan GoPay yang memperluas kesempatan serta akses digital berkelanjutan bagi masyarakat setempat di Kawasan IKN telah terlihat, Pemilik Warung Makan Kajaran - Mitra GoFood, Suhartatik, salah satunya. 

Ia menyatakan sejak dikembangkan kawasan IKN dan masuknya digitalisasi Gojek dan GoPay, kini usahanya memiliki kesempatan lebih besar lagi untuk berkembang. 

"Kami senang dengan kehadiran Gojek dan GoPay di wilayah kami. Dalam beberapa waktu terakhir, sudah cukup banyak kastamer yang memesan makanan kami secara daring melalui GoFood. Kami berharap Warung Makan Kajaran bisa menyajikan dan memperkenalkan kuliner lokal Khas Kalimantan Timur ke lebih banyak orang,” kata Suhartatik.