News

Lima Barang Bekas Ini bisa Dimanfaatkan Kembali untuk Rumah, Apa Saja Itu?

Membeli barang bekas.

IBUWARUNG -- Barang yang sudah lama dipakai memang tidak sedap dipandang. Barang tersebut hanya tertumpuk di sudut-sudut rumah atau gudang, dan menjadi sarang laba-laba. Pada akhirnya, barang tersebut menjadi barang bekas yang tidak terpakai.

Bukan hanya itu, barang bekas pun juga menjadi target dari pengepul barang yang sering mondar-mandir keliling kompleks, apabila tidak terpakai lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tetapi, barang bekas ada manfaat yang lebih lho. Daripada dibuang dan diberi ke pengepul, mending manfaatkan barang bekas yang ada dirumah untuk mempercantik dan digunakan kepada hal yang lain.

Apa saja itu? Berikut lima barang bekas yang bisa dimanfaatkan kembali, untuk rumah kalian.

Karton dan Pot Bunga

Sudah pasti disetiap sudut rumah kalian memiliki barang bekas berupa tumpukan karton serta pot bunga yang tidak terpakai. Barang bekas ini bisa kalian manfaatkan menjadi alas hampers atau parcel lebaran.

Untuk membuatnya tidaklah sulit. Caranya, kalian hanya perlu membersihkannya terlebih dahulu, kemudian membuat polanya sekreatif mungkin dengan bantuan perkakas. Di antaranya gunting, selotip, pita warna-warni, hingga plastik.

Tumpukan CD

Bagi kalian yang melek teknologi, sudah jelas memiliki barang yang satu ini di meja atau kamar. Seringkali, ketika kalian sudah menggunakan CD, benda ini akan tertumpuk begitu saja.

Rupanya, CD bekas bisa dimanfaatkan seindah mungkin. Bahkan bisa digunakan sebagai gantungan ruangan di dalam rumah kalian.

Untuk membuat gantungan ruangan juga mudah, kalian hanya memerlukan benang serta gunting saja.

Besi dan Seng

Biasanya benda ini akan tertumpuk setelah kalian merenovasi rumah. Sisa-sisa besi dan seng yang tertumpuk bisa dimanfaatkan menjadi kursi buatan sendiri, maupun meja kecil untuk buah hati.

Besi dan seng bekas juga bisa dijadikan karya seni untuk ruang tamu, seperti vas bunga, patung, dan lain sebagainya.

Pecahan Keramik

Satu barang yang juga diperlukan saat membangun rumah adalah keramik. Sama halnya dengan besi dan seng, setelah membangun atau renovasi rumah, keramik biasanya tertumpuk di gudang rumah kalian.

Tapi kalian bisa memanfaatkannya menjadi hiasan dinding, meja, serta frame foto. Kalian juga bisa memanfaatkannya sekreatif mungkin untuk kebutuhan sendiri.

Kayu dan Papan

Barang bekas terakhir yang bisa dimanfaatkan kembali adalah kayu dan papan.

Terdapat banyak hal yang tercipta dari barang bekas tersebut. Mulai dari tiang meja makan, kursi karya sendiri, hingga karya seni di ruang tamu.

Bahkan, kayu dan papan bekas yang menumpuk juga bisa digunakan untuk membuat rak buku.

Bagaimana, menarik bukan? Jadi langsung saja coba ide-ide di atas, dan membuat rumah menjadi nyaman.