News

Hore! Tarif Promo LRT Berlanjut Hingga Akhir Mei

LRT Jabodebek

IBUWARUNG -- LRT Jabodebek memperpanjang tarif promo mulai 1 April hingga akhir Mei 2024. Hal itu diumumkan LRT Jabodebek melalui media sosial Instagram.

"Yuk, tetap gunakan LRT Jabodebek dan mulai rencanakan petualangan seru kamu dengan tarif super hemat selama libur cuti bersama dan Lebaran!" tulis keterangan LRT Jabodebek yang dikutip Senin (1/4/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tarif LRT Jabodebek tetap menggunakan skema peak hour dan non peak hour. Untuk jam peak hour, tarif maksimal dikenakan hanya Rp 20 ribu. Sementara dan tarif off peak hour maksimal Rp 10 ribu.
Sementara itu, tarif weekend (Sabtu, Ahad, dan libur nasional) dikenakan sebesar Rp 10 ribu.

Jadwal peak hour adalah mulai 06.00 WIB-08.59WIB dan 16.00 WIB-19.59 WIB. Sementara non peak hour berlaku di luar jam tersebut.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan dengan tarif promo tersebut diharapkan dapat mendukung masyarakat yang berlibur di Jakarta. Khususnya bagi masyarakat yang berlibur di Jakarta saat momen Lebaran Idul Fitri 2024.

"Jadi tidak akan mengagetkan masyakarat yang berlibur di Jakarta, harganya tetap sama," tutur Risal.

Penerapan tarif promo itu dilakukan karena target penumpang LRT Jabodebek belum terpenuhi. Selain itu, Risal menuturkan belum semua rangkaian kereta LRT Jabodebek yang beroperasi melayani penumpang.

Saat ini masih 16 kereta yang beroperasi dari rencana 30 kereta. Kemenhub urung mengeluarkan semua kereta karena dikhawatirkan menyebabkan biaya operasional menjadi tinggi.

"Kita masih memastikan demand, begitu sudah pasti kita akan tambah kereta, akan jalan terus," jelas Risal.

Tarif LRT Jabodebek pada hari kerja dan pada peak hour sebesar Rp 3.000 untuk satu kilometer pertama dan tarif maksimal sebesar Rp 20 ribu.  Sedangkan tarif di luar jam sibuk sebesar Rp 3.000 untuk satu kilometer pertama dan tarif maksimal sebesar Rp 10 ribu.