Teknologi

Saksikan Fenomena Alam Gerhana Bulan Penumbra Besok, di Sini Lokasinya

Fase gerhana bulan.

IBUWARUNG -- Bulan Ramadhan tahun ini menjadi salah satu bulan yang sangat spesial. Pasalnya, pada momen Ramadhan kali ini, akan terjadi dua gerhana, yaitu gerhana bulan penumbra dan gerhana matahari total.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pada tahun ini akan terjadi empat kali gerhana. Tahun ini akan terjadi dua kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang paling dekat adalah gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada 25 Maret 2024 atau pada Senin.

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2024 terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 25 Maret 2024 yang dapat diamati dari Indonesia
  • Gerhana Matahari Total (GMT) 8 April 2024 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
  • Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 18 September 2024 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
  • Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2 Oktober 2024 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

Jadwal proses gerhana bulan penumbra.

  • Gerhana mulai (P1): 11.50.58 WIB atau 12.50.58 WITA atau 13.50.58 WIT dan 04.50.58 UT
  • Puncak Gerhana (Puncak): 14.12.48 WIB atau 15.12.48 WITA atau 16.12.48 WIT dan 07.12.48 UT
  • Gerhana berakhir (P4): 16.34.38 WIB atau 17.34.38 WITA atau 18.34.38 WIT dan 09.34.38 UT

Lokasi yang dapat melihat gerhana bulan penumbra

Ternyata, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat proses gerhana bulan penumbra. Hanya sebagian wilayah saja yang dapat melihat semua proses gerhana bulan.

Wilayah yang bisa melihat semua proses gerhana adalah di Papua, Papua Barat dan sebagian Maluku.

Wilayah yang tidak bisa mengamati seluruh fase gerhana disebabkan oleh posisi bulan yang berada di bawah horizon. Wilayah ini berada di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan sebagian Maluku.

Wilayah tepatnya adalah mulai dari Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Kemudian, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.