Teknologi

Minggu Ini, Slack Tambahkan Fitur Penelusuran dan Ringkasan Berbasis AI

Slack.

IBUGAME -- Slack sebagai aplikasi dan platform komunikasi perusahaan, kini memberikan fitur terbaru ke dalamnya. Fitur baru yang diterapkan ke dalam Slack, dirancang untuk membuat informasi mudah diakses.

Fitur baru Slack juga menghadirkan alat pencarian yang baru dan didukung oleh Artificial Intellgience (AI), yang mampu merangkum informasi dalam suatu channel.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Chief Product Officer Slack, Noah Weiss menyebutkan, Slack secara alami mengumpulkan informasi perusahaan dengan cara yang tidak terstruktur.

“Intinya dari semua ini adalah bahwa gelombang baru kemampuan AI generatif ini memungkinkan kami mengekstrak serangkaian makna dan kecerdasan baru dari semua analisis yang telah dibuat selama bertahun-tahun di platform kami,” sebut Noah kepada TechCrunch pada Rabu (14/2/2024).

Noah mengatakan, fitur baru yang dihadirkan oleh Slack, mampu meringkas suatu konten dari channel serta membantu pekerja di waktu kapanpun. Tidak hanya itu, melalui ringkasan channel, pengguna Slack bisa meminta rangkuman melalui AI dari aplikasi tersebut.

AI Slack akan menghasilkan ringkasan topik umum yang dibahas, serta memberikan referensi yang terkait dengan pencarian. Menurut Noah, hal tersebut merupakan bagian penting dari desain fitur baru Slack.

“Anda dapat menelusuri area mana pun dan kami menunjukkan kepada anda semua konteks detailnya. Jadi kami benar-benar memikirkan tentang transparansi, membangun kepercayaan, memastikan bahwa kami menunjukkan pekerjaan kami dan memberikan orang kemampuan untuk mempelajari lebih lanjut jika mereka mau,” ujarnya.

Lebih dari itu, pengguna juga memungkinkan untuk bertanya secara natural dengan menggunakan konten Slack, dibandingkan dengan konten secara umum.

Hal itu membuat pengguna bisa mengajukan pertanyaan khusus melalui Slack, dan mendapatkan jawabannya. Tentu jawaban yang diterima pengguna akan berasal dari sumber yang valid.

Dengan kata lain, setiap jawaban yang didapatkan pengguna mencakup beberapa aspek. Namun, Noah tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai mode yang mendasari hal tersebut. Ia menilai bahwa model itu merupakan campuran dari bahasa utama.

Sebaliknya, Slack AI dengan pencarian dan peringkasan merupakan produk tambahan untuk paket perusahaan, yang artinya akan memerlukan biaya tambahan melebihi harga lisensi normal.

Slack justru tidak merinci terkait dengan biaya, namun saat ini tersedia dalam bahasa AS dan Inggris. Kedepannya Slack akan menyediakan bahasa tambahan yang lain dalam waktu dekat.