Tips

Sedang Pertimbangkan Investasi Emas? Begini Cara Mengecek Keasliannya

Logam mulia Antam

IBUWARUNG -- Emas merupakan salah satu investasi yang selalu diminati. Tren harga emas selalu menanjak dan tidak fluktuatif seperti investasi saham.

Salah satu emas yang paling banyak dijadikan investasi adalah Emas 99. Emas 99 merupakan istilah lain dari emas murni atau Fine Gold yang berkadar 999,9 persen.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Emas jenis ini banyak diperdagangkan, baik melalui toko perhiasan maupun secara daring.

Emas Fine Gold ini banyak menjadi pilihan investasi. Namun, perlu diwaspadai tidak semua emas Fine Gold terjamin mutu dan keasliannya.

Diikutip dari website Logam Mulia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas.

1. Lihat penampilan fisiknya

Salah satu cara mengecek keaslian emas Fine Gold yang paling mudah adalah dengan melihat fisik emas batangan secara saksama.

Emas murni sudah pasti memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau fineness dan bobot gram dari emas tersebut.

2.Menggigit emas

Emas murni merupakan logam mulia yang bersifat lunak dan mudah berubah bentuk. Dengan menggigit emas, dapat kita ketahui apakah emas tersebut asli atau palsu.

Apabila bekas gigitan muncul pada bagian yang digigit, maka hal itu menjadi indikasi bahwa emas tersebut memiliki kadar murni.

3.Menggosok emas

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas adalah dengan menggosoknya menggunakan kain atau dengan tangan.

Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah warna emas tersebut merupakan warna asli dari logam itu atau merupakan lapisan.

Produk logam mulia emas yang asli sudah tentu tidak akan berubah warna setelah digosok.

Berbeda dengan jenis logam lapis emas yang biasanya akan terlihat lebih pudar atau bahkan berubah warna.

4.Bau

Mungkin agak terdengar aneh mengecek keaslian emas dengan mencium baunya.

Emas yang asli tidak akan mengeluarkan aroma amis atau anyir seperti yang ada di logam mulia lain, seperti besi, tembaga dan logam mulia lainnya yang khas mengeluarkan bau.

5.Cek kemasan

Mengecek kemasan adalah cara lain seseorang mengetahui emas tersebut asli atau tidak. Semua produk emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual dalam kondisi yang masih dalam kondisi baik.

Kemasan Certicard juga menjadi salah satu bukti keaslian emas. Cukup unduh dan gunakan aplikasi CertiEye di Appstore atau Playstore untuk memindai QR Code yang ada pada bagian bawah kemasan CertiCard Antam.

Sedangkan untuk produk Antam yang klasik atau retro kamu dapat menyinari sertifikatnya menggunakan Sinar UV yang mana akan muncul hologram khusus.