Minyak Goreng Mahal, Ini Alternatif Pengganti untuk Menumis

Tips  
Minyak goreng kemasan (ilustrasi).
Minyak goreng kemasan (ilustrasi).

IBUWARUNG -- Pemerintah resmi melepas harga minyak goreng sesuai mekanisme pasar. Di toko ritel modern, harga minyak goreng bervariasi, rata-rata mencapai Rp 50 ribu per dua liter.

Buat ibu-ibu rumah tangga, ini sangat memberatkan. Belum lagi harga bahan pokok lain ikut merangkak naik. Bisa-bisa, jatah skincare harus dipangkas demi belanja bulanan.

Untuk menyiasati hal ini, ibu-ibu di rumah bisa pakai minyak alternatif. Ibu warung sudah mencobanya dan hasilnya tidak mengecewakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tapi, ini khusus untuk menumis ya. Untuk menggoreng, mau tidak mau harus pakai minyak sawit atau yang sejenisnya.

Ini dia alternatif minyak untuk menumis pengganti minyak sawit.

1. Air

Iya, air. Selain lebih sehat, air bisa didapat gratis, tis. Caranya, tinggal tuang air secukupnya ke wajan. Jumlahnya sebanyak kita menuang minyak seperti hari-hari biasa. Tunggu sampai keluar buih-buih kecil, masukkan bumbu. Kemudian, masukkan bahan tumisan lainnya.

Minyak alami akan muncul saat kita menumis daging atau ikan. Lebih sehat dan superhemat.

Sayangnya, air tidak bisa dipakai menggoreng ikan atau bikin ayam goreng Upin Ipin.

2. Minyak kulit ayam

Ini lagi hits di kalangan mamah muda. Minyak kulit ayam atau minyak brutu direkomendasikan untuk memasak makanan pendamping ASI. Minyak ini kaya asam linoleat dan dapat menangkal radikal bebas.

Masakan yang dimasak pakai minyak kulit ayam terasa lebih gurih. Nanti ibu warung bikinin tulisan lebih lengkap cara bikin minyak kulit ayam.

3. Minyak kelapa

Sebagai negeri yang terdiri dari pulau-pulau, Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Pohon kelapa adalah pohon yang punya sejuta manfaat, dari akar sampai buahnya. Minyak kelapa diperoleh dari santan kelapa yang dipanaskan. Tak hanya untuk menumis, minyak kelapa juga bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya seperti kecantikan.

Rasa masakan yang memakai minyak kelapa lebih kuat dan kayak ada bau santannya. Enak deh.

4. Margarin

Margarin bisa menjadi pengganti minyak goreng karena berasal dari bahan yang sama, yaitu kelapa sawit. Rasa yang dihasilkan lebih gurih dan sedikit asin.

Kalian pakai apa untuk mengganti minyak sawit? Yuk, bisikin ibu warung.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mau cari apa Follow aja dulu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image