Netflix Games Pertimbangkan Sejumlah Ide, Salah Satunya Iklan
IBUGAME -- Netflix kini tidak hanya dikenal luas sebagai platform film-film terbaik, namun juga game.
Sudah lebih dua tahun menghadirkan platform layanan game, ada hal lain yang bakal dilakukan oleh Netflix untuk mengembangkannya lebih dari itu.
Baru-baru ini, Netflix diisukan bakal menerapkan penghasilan uang dari video game. Rencana ini dibeberkan melalui laporan Wall Street Journal, pada Jumat (5/1/2024).
Lebih jelasnya, laporan WSJ tersebut menyebutkan bahwa Netflix sudah memulai pembahasan internal, yang mencakup sejumlah opsi dalam memanfaatkan platform Netflix Games.
Baca juga, Berikut Rangkuman Apex Legends x Final Fantasy, Hadirkan Pedang Ikonik Cloud Strife
Pembahasan internal Netflix itu juga membahas soal penambahan pembelian aplikasi, beban biaya premium untuk game tertentu, hingga mengintegrasikannya dengan dukungan iklan Netflix.
Meskipun masih rencana, namun Netflix telah berkaca dari tahun-tahun sebelumnya. Artinya, upaya ini adalah imbas dari sulitnya Netflix mendapatkan banyak pelanggan yang ingin bermain.
Hal itu membuat Netflix pada 2022 lalu, hanya mendapatkan kurang dari satu persen pelanggannya, yang bermain di platform Netflix Games.
Namun setelah itu, Netflix Games berangsur-angsur mendapatkan pelanggan untuk memainkan game pada platform tersebut.
Tentunya apabila salah satu dari opsi diatas di terapkan, maka hal tersebut bakal mengubah Netflix secara signifikan.
Baca juga, Doraemon akan Rilis Film Barunya Tahun Ini, Libatkan Duo Komedian Jepang
Tetapi menurut para analis, Netflix telah habiskan sekitar 1 miliar US Dollar, untuk menjalankan Netflix Games.
Meskipun begitu, Netflix justru tidak ingin mencoba strategi monetize terbaru. Dengan kata lain, strategi tersebut tidak ada di dalam daftarnya.
Namun, Netflix justru melakukan eksperimen dengan menjalankan game di dalam televisi, serta menggunakan smartphone sebagai controller-nya.
Tidak hanya itu, eksplorasi cloud gaming juga diterapkan oleh Netflix, demi mengembangkan bisnis game-nya sendiri.
Menariknya, apabila Netflix menerapkan dua strategi tersebut, dipastikan bakal menaikkan basis penggunanya di seluruh dunia.
Tetapi perlu diingat, kemungkinan di atas masih sebatas rumor dan masih dibahas internal oleh petinggi-petinggi Netflix.